Simak Yuk Arang untuk Kulit Berikut  5 Manfaat VCO bagi Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

dok net

JAKARTA (SURYA24.COM)–  Banyak produk skincare dan toiletries saat ini yang mengandung charcoal atau arang.  Ternyata sisa kayu yang dibakar ini mengandung banyak kebaikan untuk kulit

Untuk Detoksifikasi Kulit

Arang aktif atau activated charchoal adalah jenis arang yang telah dipanaskan dengan cara mengembangkan banyak ruang kecil atau 'pori-pori di dalamnya. Activated charcoal bisa juga disebut sebagai arang yang mengandung karbon aktif.

 Charcoal atau arang aktif dalam produk kecantikan menjadi bahan ampuh untuk berbagai tujuan:

 1. Untuk detoksifikasi kulit yang banyak terkenal polutan setiap hari 

2. Partikel arang mampu mengangkat  semua kotoran dan minyak berlebih secara kuat.

3. Membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya komedo

4. Charcoal bagus untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat.

 Namun kita perlu berhati -hati  jika berkulit kering karena charcoal memiliki daya absorpsi yang kuat dan cenderung ‘menarik’ kelembapan kulit. Kulit bisa menjadi kemerahan dan mengalami iritasi. Untuk itu pastikan memilih produk mengandung charcoal yang diformulasikan khusus untuk kulit kering.

 Berikut ini beberapa produk skincare yang mengandung Charchoal pilihan femina. Pastikan membaca info di kemasan untuk cara pakainya.

Sephora The Charcoal Mask

Clinique City Block Purifying

The Bodyshop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Sephora Black Head Peel Off Mask

Manfaat VCO Untuk Kecantikan

Di dunia kesehatan herbal, Anda tentu tidak asing dengan Virgin Coconut Oil atau VCO. VCO sangatlah berbeda dengan minyak zaitun dan minyak kelapa pada umumnya. Minyak VCO merupakan minyak kelapa murni, pada prosesnya VCO tidak melalui proses pemanasan suhu tinggi seperti minyak pada umumnya.

Hal ini memperjelas kata “virgin” yang ada di depan “coconut oil” karena pada prosesnya tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, atau dikurangi elemen-elemen tertentu di dalamnya. Dengan demikian, manfaat VCO bisa dioptimalkan.

  Apa Beda Minyak VCO dengan Minyak Kelapa Lainnya?

 Lebih lanjut, ditulis femina.co.id, simak perbedaan minyak VCO dengan minyak kelapa umumnya, yaitu:

 Proses Ekstraksi VCO

 Minyak VCO merupakan minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar.

 Dilihat dari metode ekstraksinya, minyak kelapa biasa memerlukan proses ekstraksi dengan tekanan tinggi. Proses ini dapat menghilangkan warna aslinya dan mengurangi zat-zat penting dalam minyak kelapa.

 

Bagaimana dengan proses ekstraksi VCO? VCO dibuat dengan memeras kelapa tua dan diambil santannya tanpa melalui proses pemanasan. Dengan demikian, berbagai aroma hingga nutrisi di dalamnya tetap bisa dipertahankan. Sehingga semua orang bisa merasakan manfaat VCO.

 Komposisi VCO

 Berbicara tentang komposisi VCO dan minyak kelapa biasa, tingkat energi yang terkandung dalam minyak kelapa biasa dan minyak VCO kurang lebih sama.

 Namun, karena minyak kelapa biasa mengalami proses hidrogenasi, minyak kelapa memiliki trans-fat atau lemak jenuh yang dapat membahayakan kesehatan.

 Mengutip American Heart Association, beberapa ahli juga telah mengaitkan lemak jenuh dengan penyakit kardiovaskular dan penyakit lainnya.

 Hal ini tidak sama dengan VCO. VCO kaya akan medium chain fatty acids, kaya akan kolesterol baik, dan memiliki trans fatty acids yang cenderung rendah.

 Aroma dan Tampilan VCO

 

Karena virgin coconut oil merupakan ekstraksi dari santan, tentu saja aromanya cenderung lebih khas dibanding aroma kelapa. Sedangkan minyak kelapa biasa cenderung lebih tidak berbau dan memiliki rasa yang hambar.

 Hal yang sama juga bisa Anda kenali dari tampilannya. Minyak VCO cenderung tidak terlalu kental. Sedangkan tekstur minyak kelapa biasa akan terasa lebih kental.

 Apakah VCO dapat Membantu Menjaga Kecantikan Wajah?

 Proses pengolahan minyak VCO sangatlah spesifik dan beda dibandingkan dengan minyak biasa. Hal ini membuat nutrisi di dalam VCO tetap terjaga, sehingga banyak orang mengandalkan berbagai manfaat VCO.  Tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Simak manfaat VCO yang bisa Anda rasakan berikut:

Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat VCO untuk kecantikan berikutnya adalah membantu mengatasi jerawat. Berterimakasihlah pada sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang terkandung dalam VCO. Kandungan tersebut membantu mengatasi jerawat dan radang pada orang yang mengalami penyakit eksim, psoriasis, hingga dermatitis kontak.

 

Meski demikian, ada beberapa orang yang merasa tidak cocok dengan manfaat VCO ini.

Lebih baik, lakukan tes pada area kulit wajah tertentu terlebih dahulu, terutama di balik telinga. Jika tidak ada reaksi yang timbul, seperti gatal, kemerahan, atau iritasi, maka Anda bisa melanjutkan penggunaan VCO untuk wajah.

Membantu Mengatasi Jamur dan Bakteri di Kulit

Manfaat VCO yang pertama adalah membantu mengatasi jamur dan bakteri di kulit. VCO kering bahkan sering digunakan sebagai obat herbal mulai dari folikutis hingga kutu air.

Penelitian dalam jurnal Fatty Acids and Derivatives as Antimicrobial Agents yang menguji dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 jenis bakteri berbeda membuktikan bahwa asam laurat yang terdapat pada minyak VCO merupakan kandungan terefektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Ingin merasakan manfaat VCO ini? Bersihkan area kulit yang mengalami masalah kulit dan aplikasikan minyak VCO pada area kulit yang bermasalah.

Membantu Meringankan Luka Bakar

Minyak kelapa murni atau VCO terbukti efektif untuk membantu penyembuhan luka.

 

Meski demikian, penyembuhan luka bakar tersebut efektif jika penggunaan minyak VCO dikombinasikan dengan antibiotik oles pada kulit.

Mencegah Kulit dari Dehidrasi

Akhir-akhir ini, kita memang lebih sering mencuci tangan dan mandi setelah beraktivitas di luar rumah. Hal ini tentu akan memengaruhi kondisi kulit seperti lebih mudah kering dan dehidrasi. Kondisi ini terjadi karena stratum corneum sebagai bagian dari lapisan kulit epidermis, bisa jadi ikut terkikis akibat terlalu sering dibersihkan.

Dijelaskan oleh dr. Dewi Mariani SpKK dari Glowderma, stratum corneum merupakan lapisan kulit teratas yang membantu mencegah kulit dari dehidrasi dan infeksi. Jika lapisan ini terkikis dan kondisinya menurun, kulit akan timbul reaksi infeksi, radang, dan kecenderungan radang kulit kronis menjadi lebih tinggi.

Anda dapat mengandalkan VCO untuk membantu mengatasi kulit kering dan dehidrasi.

 “Minyak VCO membantu mencegah kulit dari dehidrasi dan ‘mengisi’ kembali lapisan kulit yang terkikis dengan kandungan asam lemak. Hal ini membuat kulit jadi lebih terhidrasi, lembut, dan kenyal,” tegas dr. Dewi 

 

Melembapkan Kulit Wajah yang Kering

Manfaat VCO selanjutnya adalah untuk melembapkan kulit yang kering karena cuaca, paparan sinar matahari, hingga kebiasaan seseorang yang sering berada di ruang AC.

Minyak ini kaya akan kandungan asam lemak yaitu asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat yang mampu menembus beberapa lapisan kulit.

Gunakan sebagai pembersih wajah, pelembap area mata, hingga pelembap kulit wajah saat malam hari.

Terkait dari kemampuan VCO untuk melembapkan kulit, minyak VCO memiliki peran seperti amplop. VCO akan melapisi kulit dan membantu mencegah kandungan air dalam kulit menguap.

Karena sifat dan cara kerja VCO ini, tak ada salahnya Anda mengaplikasikan night cream dan mengakhiri perawatan kulit malam hari dengan minyak VCO sebagai penutup.

Membantu Menyehatkan Rambut

Tak hanya untuk kulit saja. Anda juga bisa mengandalkan manfaat VCO untuk merawat rambut.

 Ryan Ogilvy, selaku Make Up Artist dan Hairstylist selebriti ternama Indonesia menjelaskan cara menggunakan minyak VCO untuk kesehatan rambut kepada Femina.

Teteskan minyak VCO pada telapak tangan, gosok hingga hangat. Lalu aplikasikan pada rambut kering terutama dari tengah rambut hingga ujung rambut. Hindari mengoleskan minyak VCO pada pangkal rambut untuk mencegah residu yang tertinggal.

Bungkus rambut dengan handuk panas selama 15 menit atau gunakan shower cap. Keramaslah seperti biasa. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

Itulah beberapa manfaat arang dan VCO untuk kecantikan dan kesehatan yang perlu Anda ketahui. Coba minggu ini, yuk!